Wednesday, 25 October 2017

CONTOH PERENCANAAN AKTIVITAS KEGIATAN ANAK DAN EVALUASI KELAYAKAN LINGKUNGAN RUMAH ANAK 0-3 TAHUN

Perkembangan pada anak usia 0-6 tahun merupakan komponen penting untuk mengembangkan kemampuan anak dan sangat dibutuhkan dalam tahap perkembangan berikutnya. Berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak PAUD kurikulum 2013 beberapa tingkat yang perlu dicapai dalam perkembangan anak meliputi nilai agama dan moral, fisik motorik, kogniti, bahasa, sosial emosional, dan seni. Namun beberapa upaya dalam mengoptimalkan tingkat pencapaian tersebut masih menjadi kendala orang tua dalam pelaksanaanya. Banyak orang tua yang masih bingung upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menjangkau semua tingkat pencapaian tersebut.
Adapun beberapa faktor yang dapat menunjang tingkat pencapaian perkembangan anak antara lain adalah faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan anak adalah faktor lingkungan rumah sementara faktor internalnya adalah upaya orang tua dalam merencanakan aktivitas yang menunjang tingkat pencapaian perkembangan anak.


Berikut beberapa contoh instrumen pengukuran kelayakan lingkungan anak dan contoh perencanaan yang dapat dijadikan gambaran bagi para orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Contoh instrumen ini dirancang berdasarkan review dari instrumen yang sudah ada namun penulis tambahkan dengan mengacu pada beberapa referensi lainya: 

Download

0 comments:

Post a Comment