Saturday, 14 April 2018

REVIEW DAN TIPS MEMILIH KULWAP UNTUK PARA IBU JAMAN NOW

Diera serba digital seperti sekarang ini, kemudahan akses internet dan sosial media sangat membantu para ibu untuk mengakses informasi seputar parenting maupun stimulasi kegiatan anak. Bahkan informasi tersebut semakin kaya dengan maraknya kulwap (kuliah whatsApp) yang didakan oleh instansi, komunitas, dan perorangan yang pandai meliat peluang dari antusias para ibu-ibu jaman now yang begitu haus akan informasi parenting terkini. Saking buanyaknya topik kekinian yang dipromosikan, sampai-sampai banyak para ibu-ibu ini kebanjiran grup baru yang memenuhi beranda wa..ting tang ting tung..suaranya berdering tiada henti, bahkan bukan hanya hapenya saja yang ikut memanas tapi otaknya juga ikutan panas karena overload hehe.


Btw, Saya juga pernah lo jadi korban kulwap overload hahahaa (ngaku deh). Pandangan saya saat itu, belajar hal yang baru bagi saya memberikan manfaat besar untuk bekal saya mendidik anak. Namun kenyataanya, informasi yang terlalu banyak diterima justru membuat diri kita kehilangan arah dan garis awal untuk memulainya. Dan agak keselnya lagi, beberapa sesi kulwap rupanya berujung pada ajang promosi, sharing yang dari beberapa anggota lain yang kadang asal bunyi, atau ajang buat buka lapak pribadi. Hiaaa...suka-suka mereka sih, siapa suruh juga ikutan? hahaa
Namun, semakin berkutik didunia perkulwapan, saya mulai menyadari untuk menyusun skala prioritas untuk menentukan kulwap yang dibutuhkan (bukan yang diinginkan) dan selektif memilih kulwap yang kredibel, dan tentunya bukan sekedar sharing tanya jawab juga melainkan juga building character. So far, saya akan melampirkan kulwap yang pernah saya ikuti dan memenuhi kriteria tersebut. Ok, lets check this out!

- Kulwap Institut Ibu Profesional
Institut Ibu Profesional (IIP) merupakan forum belajar para ibu dan calon ibu yang ingin meningkatkan kualitas diri sebagai seorang perempuan, istri, dan ibu. Kegiatan IIP cukup beragam, salah satunya adalah kelas pembinaan online dan offline yang terdiri dari beberapa program bertahap. Program tahap awal adalah program matrikulasi yang bertujuan untuk membuka wawasan, menyamakan frekuensi para calon ibu dan ibu pembelajar (sumber: www.ibuprofesional.com) . Nah, kebetulan saya baru ikut kelas online untuk program matrikulasi IIP ini. Jadi kegiatanya bukah hanya sekedar sharing ilmu saja, tapi kita juga diberikan Nice Homework (NHW) selama 9 kali setiap pekan dalam program kelas matrikulasi. Warrr biasyaak kan maak. Berasa sekolah lagi tiap minggu disuguhi Pe er hahaa... Anyway berkat NHW inilah yang bikin kita merasa dibina dan diarahkan untuk menjadi emak yang super kecee. Berawal dari NHW bagaimana kita menentukan passion kita, menyusun checklist indikator sebagai ibu profesional, menentukan bakat kita hingga kita mampu menyusun kuadran aktivitas dan menyusun misi spesifik hidup kita agar menjadi perempuan yang kontributif, cerdas, dan menginspirasi. Hiyaa puanjangnyaaaaah...gapapa lah yaa biar pada penisirin mau ikutan kelasnya :D. Setelah melampaui 9 kali NHW itulah kita ditentukan lulus tidaknya untuk bisa mengikuti kelas di program selanjutnya. Jadi kita gak bisa main-main asal dapet info langsung pergi ke tetangga sebelah gitu saja, tapi benar-benar dididik dan diarahkan sesuai dengan visi misi IIP yaitu meningkatkan kualitas para ibu dan calon ibu. Untuk bisa ikut kelasnya memang kita perlu invest 100.000, tapi harga segitu menurut saya sebanding lah dengan apa yang kita dapatkan setelah ikut kelas MIIP. Untuk saat ini kelas matrikulasi sudah sampai batch 5 dan untuk pendaftaran batch selanjutnya masih belum dibuka. For more information silahkan pantau terus webnya www.ibuprofesional.com supaya tidak ketinggalan berita ya mak :D

- Kulwap Rumah Inspirasi
Rumah inspirasi merupakan forum untuk belajar mengenai homeschooling, parenting, pendidikan, dan manajemen rumah tangga. Rumah Inspirasi seringkali mengadakan webinar mengenai homeschooling. Meski mamak-mamak tidak berkeinginan untuk menerapkan homeschooling, namun bagi saya prinsip2 homeschooling sangatlah bagus untuk diterapkan dalam mendidik anak-anak kita. Terlebih mengarahkan kita sebagai ortu untuk banyak memberikan cinta, waktu, dan perhatian kepada anak. Adapun Webinar yang pernah saya ikuti di Rumah Inspirasi ini adalah Webinar tentang Homeschooling anak Usia Dini (HSUD) dan 10 Ketrampilan Dasar yang penting dipelajari setiap anak. Untuk webinar HSUD terdiri dari 4 sesi yang nantinya kita juga akan diinvite ke Kulwap HSUD sebagai forum sharing bagi para ortu sesama praktisi dan pembelajar HSUD. Setiap sesi kita diberikan beberapa video seminar dan tanya jawab, ebook tentang materi, dan juga postcast yaitu sharing dari para praktisi HSUD dari berbagai daerah dan negara. Materinya sangat sistematis sehingga kita bisa belajar dari awal tentang apa itu HS, kenapa memilih HSUD, bagaimana kurikulum, hingga pada tahap pelaksanaan.
Untuk Webinar 10 ketrampilan, saya masih ongoing ikut webinarnya. Insyallah saya akan tulis lebih detail mengenai review materi webinar supaya para mamak-mamak punya gambaran untuk memutuskan mengikuti kulwapnya.


Ok, jadi baru ada dua itu kulwap yang bisa saya rekomendasikan. Sejujurnya saya bukan promosi bahkan endorse dari keduanya, karena saya juga cuman pembelajar yang haus ilmu dan bekal dalam mendidik anak-anak. Saran saya, saat mengikuti kulwap jangan lupa tips-tips berikut:

TIPS MEMILIH KULWAP:
- Tentukan skala prioritas kita. Kira-kira urgent gak untuk dipelajari. Misal kita lagi sibuk mengurus anak kita yang 1 tahun, tapi kita mau ikutan kulwap tentang cara mendidik anak usia remaja. Nah, okelah kalo kita cuman kepengen menimba ilmu. Tapi bukankah esensi dari berilmu itu adalah beramal. Jadi menurut saya lebih baik kita fokus pada hal yang bisa langsung kita terapkan ilmunya.
- Jangan sampai kita kena sindrom FOMO (fear of missing out), yaitu sindrom dimana seorang takut akan ketinggalan informasi terkini. Duh sekarang jamanya lagi tren model belajar ini, gaya MPASI ini, itu, yayaya.Silahkan kembalikan pada prinsip kalian sebagai orang tua. Diskusikan dengan pasangan, pilih mana yang terbaik dan sesuai dengan karakter anak kita. Tidak semua yang menjadi tren itu cocok dengan karakter anak kita, jadi sebaiknya pelajari dan telurusi baik-baik tentang segala hal yang sedang tren.
- Berjanjilah untuk mempraktekan usai mengkuti kulWap. Jangan cuman sekedar masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Harus ada action-nya dan konsisten. Ini lo mak tantangan besarnya. Dan saya pun masih terus belajaarr terus untuk bisa konsisten. Yuk, sama-sama saling mengingatkan.


Jadi, kurang lebih seperti itu review dan tips yang saya berikan. Saya tekankan lagi, semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya, jadi semisal ada yang punya rekomendasi dan tips lain yang lebih kece boleh banget sharing infonya. Yang jelas, saya niatkan semoga info ini bermanfaat untuk para mamak-mamak sekalian. Ambil yang bagusnya aja ya mak hehe..deuu campur-campur ya manggilnya mamak lah, ibu lah bunda lah, maksudnya supaya ditunjukan pada seluruh ibu dari berbagai macam panggilanya gitu hahaa..Sudahlah ya kita akhiri dulu.. silahkan kasih komen dan masukan bagi yang ingin memberi masukan, Terimakasih 

0 comments:

Post a Comment