Saturday, 24 November 2018

KENAPA MENULIS BLOG : BPN 30 DAY BLOG CHALLENGE

Menulis merupakan aktivitas yang paling sering saya lakukan sejak SD. Saya sudah menulis puluhan diary sejak kelas 5 SD hingga kuliah. Semua isinya tentang kegalauan hidup, percintaan yang tak pasti, drama persahabatan, dan hanya satu tulisan saja yang memuat tentang pengalaman saya saat mudik ke Sumbawa, NTB. Setdah…begitu merananya kehidupan saya disaat remaja. Ya, memang kenyataanya dengan menulislah saya dapat melampiaskan segala ungkapan isi hati saya tanpa ada yang bisa mengkritisi.

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi internet, saya mulai mencoba untuk menuangkan tulisan saya ke dalam blog. Lalu, apakah tulisan-tulisan yang akan saya tulis kembali seputar tentang kegalauan hidup? Ternyata tidak. Saat itu saya mulai menulis di blog sebagai wujud aktualisasi diri saya menjadi seorang remaja yang memiliki banyak potensi (ceile….).

Semakin bertambahnya usia, saya semakin menyadari bahwa menulis bukan hanya sekedar wujud dari aktualisasi diri saja, tapi juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Hal itu saya sadari ketika saya menuliskan tentang pengalaman hidup saya, dan bagaimana cara saya memotivasi diri dari keterpurukan. Rupanya tulisan-tulisan itu direspon baik oleh banyak orang. Tidak sedikit yang me-reshare. Owh jadi selain menulis merupakan passion saya, tapi saya juga memiliki potensi untuk memberikan pengaruh positif bagi orang lain.

Terlebih saat menjadi ibu. Banyak hal dan pengalaman yang ingin saya tuliskan di blog. Pengalaman menjadi seorang ibu, mendidik anak, mengelola rumah tangga mulai dari aspek finansial, organizing, zerowaste living, semua pengalaman tersebut diperoleh saat saya berperan menjadi seorang ibu. Lalu mengapa dengan sejumlah pengalaman yang bermanfaat itu tidak saya tulis saja di blog?

Mungkin di benak orang lain, ada yang menganggap bahwa tulisan saya cuman ingin dianggap keren, pamer, merasa menguasai ilmu di bidangnya, merasa sok bermanfaat. Bagi saya menulis bukan semata untuk mendapatkan pujian. Sayapun tidak menjadikan “tulisan saya dibilang inspiratif” sebagai goal saya dalam menulis. Namun, menulis di blog merupakan wadah saya untuk menuangkan hal-hal yang dapat menghasilkan energy-energi positif dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bagi saya, menulis hal-hal positif di blog itu memancarkan kebahagiaan dibandingkan menulis hal-hal negatif yang akan dibaca banyak orang kemudian menghasilkan aura negatif dalam diri. Jadi, sudah tau kanapa alasan saya menulis di blog?

All good writing is swimming under water and holding hour breath ( F.Scott Fitzgerald)
#bpn30daychallenge2018 #bloggeperempuan 
#bpnnetwork 
#blogger 
#bloggingchallenge 
#blogging

0 comments:

Post a Comment