Saturday, 16 February 2019

Permainan Matematika Sensori: Aktivitas Anak Usia 2 Tahun

Bunda, masih ingatkah bagaimana dulu bunda belajar mengenal huruf dan angka?
Sewaktu mama Archy kecil, mama belajar mengenal angka dan huruf dibantu dengan media buku dan alat tulis. Dulu, mama belajar menarik garis untuk membentuk angka "1" sampai terkadang kertas yang digunakan sering sobek karena tekanannya terlalu dalam. Hahaha, lucu ya.

Sekarang, anak belajar menulis angka bisa dengan menggunakan berbagai macam variasi media. Misalnya belajar menulis angka dengan media pasir, tepung, air, dan lain sebagainya. Bahkan ketika anak belajar menuliskan angka di atas pasir, anak juga mampu merasakan seperti apa bentuknya. Di sinilah kemampuan logis anak akan semakin berkembang, di mana anak tidak hanya belajar wujud si angka, namun juga belajar mengenal konsep dan simbol.

Seperti yang bunda ketahui, anak usia 2 tahun sedang memasuki tahap pra-operasional. Tahap ini dicirikan dengan perkembangan awal berfikir logis. Meskipun demikian, anak usia 2 tahun masih melewati akhir dari tahap sensorimotor yaitu tahap representasi, dimana anak masih menyukai belajar hal baru berdasarkan rabaan atau sentuhan.

Nah, kali ini Archy akan belajar mengenal angka 1 sampai 3 yang dibantu dengan media playdough. Mama beri nama untuk aktivitas ini dengan sebutan "Touch and Feel Number". Lalu bagaimana sih cara memainkanya?


Cara memainkanya mudah sekali bunda. Awalnya bunda buat angka 1 sampai 3 dengan media playdough. Kemudian mintalah si kecil untuk meraba playdough tersebut satu persatu. Kemudian bunda bisa bantu anak untuk mengikuti garis angka dengan telunjuk tanganya. Jadi anak semakin paham bagaimana cara membentuk angka satu, dan seterusnya. Mudah sekali bukan?

Archy excited sekali saat mencoba meraba angka-angka tersebut satu persatu. Dirabanya berulang kali meskipun setelah itu ia coba leburkan kembali menjadi satu. Hahaha, namanya juga anak-anak. Mereka juga sedang mengembangkan konsep yang ada di pikiranya. 



Nah, sekarang kita coba praktekan sama-sama yuk di rumah. Cukup dengan menggunakan playdough, anak bisa belajar mengenal angka dengan cara yang seru dan menyenangkan loh. Selamat bermain dengan si kecil ya bund :)



0 comments:

Post a Comment